Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MATERI PENGAYAAN DAN REMEDIAL PPG DALAM JABATAN SESUAI BIDANG STUDI



Indonesia, sebagai sebuah negara kepulauan yang mempunyai wilayah geografis sangat luas dan beragam, memiliki tantangan tersendiri terkait upaya peningkatan kualitas guru.
Guru merupakan garda terdepan dalam sebuah sistem pendidikan. Betapapun canggih konsep pendidikan dirancang, tanpa diimbangi oleh guru yang kompeten, maka hanya akan menjadi wacana tanpa realisasi yang optimal. Dengan kata lain kualitas guru merupakan kunci utama kualitas pendidikan.
Sampai saat ini masih banyak wilayah di Indonesia yang memiliki keterbatasan akses. Wilayah seperti ini seringkali disebut sebagai daerah khusus. Keterbatasan ini berimbas pada proses peningkatan kualitas guru yang bertugas pada wilayah tersebut. Minimnya jaringan komunikasi dan beratnya jarak tempuh menjadikan para guru daerah khusus (gurdasus) relatif sulit untuk mengikuti perkembangan pendidikan sebagai upaya meningkatkan profesionalitasnya.Persoalan ini menjadi semakin nyata tatkala fakta menunjukkan bahwa banyak gurdasus tidak mampu melampaui passing grade yang dicanangkan dalam uji pengetahuan (UP) yang merupakan bagian dari Uji Kompetensi  Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) sebagai prasyarat uji profesionalitasinya.

Hasil evaluasi tingkat kelulusan Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) peserta PPG-PDGK relatif masih rendah, yaitu dibawah 35%. Oleh karena itu, perlu adanya suatu cara untuk membekali pengetahuan peserta PPG-PGDK dan meningkatkan kelulusan sesuai dengan harapan yang telah ditargetkan pemerintah pada program tersebut. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan sumber belajar.
Menurut AECT (Association of Education Communication Technology) sumber belajar terdiri atas message, people, materials, device, technique, dan setting. Sumber belajar yang dapat dikembangkan untuk membantu peningkatan pengetahuan dan kelulusan Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) peserta PPG PDGK 2018 berupa materials. Materials atau bahan yang dimaksud berupa soal-soal dan pembahasannya. Soal-soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) tahun 2018 yang dikembangkan oleh tim penyusun soal UP pusat.

Dapat juga dibaca bahan-bahan terkait pada link ini

Salah satu langkah yang ditempuh pemerintah adalah melakukan pembuatan sumber belajar bagi gurdasus dalam bentuk “Bahan Pengayaan dan Remedi”. Produk ini akan dicetak dalam bentuk buku dan dibagikan bagi semua gurdasus yang belum lulus UP UKMPPG. Melalui buku ini diharapkan guru dapat berproses secara mandiri maupun terbimbing untuk meningkatkan profesionalitasnya. Lebih jauh, melalui sumber belajar buku “Bahan Pengayaan dan Remedi” ini, guru diharapkan akan terpicu untuk terus belajar dalam usaha meningkatkan kemampuan dan profesionalitasnya.
Berikut ini adalah beragam soal dan pembahasannya. Soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) yang digunakan untuk mengukur hasil evaluasi akhir para peserta PPG, baik untuk kompetensi pedagogic maupun profesional.

Soal dan pembahasan kompetensi pedagogik disusun untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan
peserta dalam (1) merencanakan pembelajaran yang mendidik, (2) merancang penilaian, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran dan (3) mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Soal dan pembahasan kompetensi profesional disusun untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan peserta dalam (1) menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam, (2) menguasai dan menemukan konsep, pendekatan, teknik, dan metode ilmu pengetahuan, teknologi,
atau seni yang relevan, (3) mengelola informasi, (4) mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, (5) menerapkan konsep teoretis materi pelajaran yang diampu, (6) merancang dan melaksanakan penelitian tindakan kelas dan (7) bekerja di bidang keahlian pokok.

Dibawah ini dapat di lihat sesuai dengan bidang studi masing-masing jurusan:


BIDANG STUDI
Alamat Link Donwload
Pengayaan PGDK-Bahasa Inggris
Pengayaan PGDK- Bahasa Indonesia
Pengayaan PGDK- Biologi
Pengayaan PGDK- Ekonomi
Pengayaan PGDK- Fisika
Pengayaan PGDK- Geografi
Pengayaan PGDK- IPA-SMP
Pengayaan PGDK- IPS-SIP
Pengayaan PGDK- Kimia-SIP
Pengayaan PGDK- Matematika-SMP
Pengayaan PGDK- PGSD-B.Indo
Pengayaan PGDK- PGSD-IPA
Pengayaan PGDK- PGSD-IPS
Pengayaan PGDK- PGSD-Matematika
Pengayaan PGDK- PGSD-PPKn
Pengayaan PGDK- PPKn
Pengayaan PGDK- Peadagogik Umum
Pengayaan PGDK- Penjas
Pengayaan PGDK- Sejarah

Sumber : SERGUR.ID
SEMOGA BERMANFAAT

Posting Komentar untuk "MATERI PENGAYAAN DAN REMEDIAL PPG DALAM JABATAN SESUAI BIDANG STUDI"