Soal Tes Formatif Kompetensi Pedagogik PPG Dalam Jabatan Tahun 2019
1. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah
yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk
mendapatkan solusinya.
Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan
....
A. kemampuan kognitif
B. kemampuan interaksional
C. kemampuan integrasi diri
D. kemampuan komunikati
2. Pernyataan berikut yang menjelaskan
makna istilah kognitif adalah….
A. kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk
memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
3. Kemampuan berfikir untuk
mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek
bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun
4. Menggunakan potongan sapu lidi,
kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS
sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang
dikenal sebagai tahapan
A. Anak memahami bilangan
dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional
konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang
intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat
egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah
logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional
formal)
5. Kemampuan peserta didik untuk membina
hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. moral
6. Seorang peserta didik selalu ingin
mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota
lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan
mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar
sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami
permasalahan dalam perkembangan
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spiritual
7. Peserta didik telah memiliki yang
memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada
standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki
pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku
moral-spritual pada tahapan ...
A. penalaran
pascakonvensional
B. penalaran konvensional
C. penalaran prakonvensional
D. penalaran interkonvensional
8. Individu memandang apa yang
diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung
aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang
berharga.
Pernyataan tersebut merupakan tahapan
perkembangan moral
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional
9. Memaksimalkan kegiatan
ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan
informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan hubungan
yang baik
D. menformulasikan tindakan
10. Seorang peserta didik merasa kurang
bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di
sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang
karena matahari hampir tenggelam.
Peserta didik tersebut dicurigai
memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....
A. intelegensi dan kognitif
B. budaya dan pembiasaan
C. keluarga dan
lingkungan masyarakat
D. emosional dan kepribadian
11. Seorang peserta didik mampu
mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia
tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/
gangguan belajar dalam hal ....
A. kesulitan akademis
B. gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial
12. Perbedaan antara konseling dan
wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A. Membantu siswa agar dapat memecahkan
masalah pribadinya
B. Menbantu siswa agar dapat melakukan
penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu siswa agar
dapat mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu siswa agar memperoleh
informasi tertentu
13. Teori ini memandang belajar sebagai
hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan
balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan
(bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah
hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
14. Di dalam proses pembelajaran, para
siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data,
membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan
menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta
bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan
penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
15. Menurut teori ini, peranan guru dalam
pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai
makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku
belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya.
Teori belajar ini adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
16. Pada masa kini siswa dituntut untuk
dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena
kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau
online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
17. Pendapat yang menyatakan bahwa
pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama
yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik
18. Tujuan pembelajaran yang
menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta
didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
19. Komponen rancangan pelaksanaan
pembelajaran terdiri dari....
A. Identitas, kompetensi
Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media
pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti,
kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media
pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti,
kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber
belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti,
kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media
pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
20. Silabus dan RPP sama-sama sebagai
rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
A. Silabus berisi
kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai
kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi
dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru,
sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh
setiap satan pendidikan.
21. Salah satu prinsip dalam penyusunan
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau bahan ajar berbasis
kompetensi
B. Pembelajaran dirancang
dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal
pada setiap satuan pendidikan
22. Perhatikan beberapa komponen dari RPP
untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ......
1) Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan
bermusyawarah
2) Indikator : menyebutkan dua ciri
kegiatan bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran : setelah
pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan
musyawarah dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP
tersebut prinsip digunakan adalah....
A. Memberikan umpan
balik dan tindak lanjut
B. Mendorong
partisipasi aktif peserta didik
C. Memperhatikan
perbedaan individu peserta didik
D. Keterkaitan
dan keterpaduan
23. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah
kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis,
aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan, pemahaman,
aplikasi, analisis, sÃntesis, dan evaluasi
C. ingatan, pemahaman, sÃntesis,
aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, analisis,
aplikasi, evaluasi, dan, sÃntesis.
24. Taksonomi Anderson dan Krathwol
menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan
urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis,
aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi,
analisis, sÃntesis
C. ingatan, pemahaman, sÃntesis,
aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman,
aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.
25. Model pembelajaran yang mempunyai
keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang
dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa
untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and Picture
26. Faktor yang penting dipertimbangkan
guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:
A. Waktu yang tersedia untuk
melaksanakan diskusi
B. Rumusan
masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang mengikti
pembelajaran
D. Motivasi belajar
siswa
27. Fungsi indikator dijadikan sebagai
penanda dalam….
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar
kelulusan
28. Apa yang paling tepat dilakukan guru,
jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang
diajukan ?
A. Menunjuk peserta didik
lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B. Memberikan kritik agar peserta didik
berusaha menjawab walaupun salah
C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar
mudah dipahami peserta didik
D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
29. Prinsip
sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....
A. Cakupan,
kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai
dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual
peserta didik.
B. Adanya hubungan
yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi
pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
C. Cakupan
indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan
sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen
silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
30. Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran
CTL adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan teman
B. Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D. Menggunakan satu sumber
31. Dalam memilih dan mengembangkan
materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran
yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan
kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi
pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
A. Sahih
B. Kebermanfaatan
C. Layak dipelajari
D. Menarik minat
32. Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran
dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju
hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang
disusun Bu Rossa mengikuti pola....
A. Kausal
B. Spiral
C. Kronologis
D. inquiri
33. Memilih media pembelajaran hendaknya
tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu.
Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau
massal.
Pernyataan tersebut dalam pemilihan
media termasuk ke dalam
kriteria...
A. tujuan
B. sasaran didik
C. ketersediaan
D. konteks penggunaan
34. Pada saat mempersiapkan pembelajaran
seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang
akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki
seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…
A. Pendidik harus mengetahui latar
sosial budaya siswa dan sekolah
B. Pendidik harus memahami
karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
C. Pendidik harus menyesuaikan diri
dengan kemampuan sekolah.
D. Pendidik menyesuaikan dengan materi
pembelajaran.
35. Pada saat mempersiapkan pembelajaran
seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan
materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam..
A. media yang memiliki
daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput
terbatas
B. media yang dpat didengar saja dan
media yang dapat dilihat
C. media tradisional dan media berbasis
TIK
D. media dua dimensi dan media tiga
dimensi
36. Di ruang media tersedia berbagai macam
media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif,
sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan.
Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.
Pertimbangan dalam memilih media
pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...
A. Tujuan, sasaran didik,
karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks
penggunaan, dan mutu teknis.
B. Sasaran didik, karakteristik media,
waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.
C. Tujuan, sasaran didik, karakteristik
media, visi sekolah dan konteks penggunaan
D. Kultur sekolah, tujuan, waktu
pengoperasiaan dan karakteristik media
37. Seorang guru harus mampu memanfaatkan
media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh.
Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran
adalah:
A. media pembelajaran yang paling baik
adalah media yang berbasis TIK
B. sebuah media dapat digunakan untuk
semua kegiatan
pembelajaran
C. media dapat digunakan
sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan
pembelajaran
D. memilih media tidak perlu banyak
pertimbangan agar tidak merepotkan
38. Setiap materi pembelajaran memiliki
tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami
materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media
pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem
peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan tersebut
adalah:
A. Menampilkan objek yang terlalu
besar
B. Membuat konkrit konsep
yang abstrak
C. Menampilkan objek yang tidak dapat
diamati dengan mata telanjang.
D. Membawa objek yang berbahaya atau
sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
39. Media memiliki fungsi dan manfaat
bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran
menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu
konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.
Berikut ini adalah salah satu fungsi
dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A. Menampilkan objek yang
terlalu besar, misalnya pasar, candi.
B. Membawa objek yang berbahaya atau
sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C. Membuat konkret konsep yang abstrak,
misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
D. Menampilkan objek yang tidak dapat
diamati dengan mata telanjang.
40. Seorang guru ingin membuka situs
google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau
untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut
adalah…
A. book
B. forum
C. blog
D. e-portofolio
41. Seorang guru sedang ber-googling atau
membuka situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK
(Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah
internet tersebut adalah…
A. program mencari informasi
B. program desktop publishing
C. program untuk
menjelajahi laman
D. program penciptaan laman
42. Saat kita akan informasi tentang
suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan
istilah mesin pencari (search engine).
Salah satu laman yang berfungsi
sebagai mesin pencari selain google adalah...
A. www.yahoo.com
B. www.gmail.com
C. www.hotmail.com
43. Seorang guru akan membuat media untuk
menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi
sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan
guru tersebut adalah...
A. Microsoft Database
A. Microsoft Database
B. Microsoft PowerPoint
C.Microsoft Desktop
Publishing
D. Microsoft
Word
44. Seorang guru dapat menampilkan bahan
tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan
tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft
yang dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah....
A. Microsoft Database
B. Microsoft Spread Sheet
C. Microsoft powerpoint
D. Microsoft Desktop Publishing
45. pertanyaan, mengumpulkan data
(informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data
(informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri
dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu
merupakan bagian dari model pembelajaran…
A. portofolio
B. saintifik
C. penemuan
D. autentik
46. Pak Larso melaksanakan pembelajaran
dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan
mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan
memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta
didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam
kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh
Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....
A. projek based learning
B. discovery Learning
C. Problem Based Learning
D. Inquiry learning
47. Bu Rumini melaksanakan pembelajaran
yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan
tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai
macam alternatif pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini
tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....
A. Project based learning
B. inquiry learning
C. Discovery learning
D. problem based learning
48. Berikut ini merupakan langkah-langkah
pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :
1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor peserta didik dan kemajuan
proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the
Experience).
Urutan yang benar adalah ....
A. 1-2-3-4-5-6
B. 1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D. 1-2-3-5-4-6
49. Perhatikan langkah-langkah kegiatan
pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1) Mengorganisasi siswa dalam belajar
2) Orientasi siswa pada masalah
3) Membimbing penyelidikan siswa secara
mandiri atau kelompok
4) Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya
Jika langkah-langkah tersebut disusun
mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang
tepat adalah ....
A. 1-2-3-4
B. 2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D. 2-3-1-4
50. Kriteria keberhasilan belajar siswa
ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah
rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM
diperlukan faktor-faktor….
A. Kompleksitas indikator, daya dukung,
dan kemampuan guru
B. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan
intake siswa
C. Kompleksitas indikator,
daya dukung, dan intake siswa
D. Kemampuan guru, tingkat kesulitan
kompetensi dasar, dan intake siswa
51. Fungsi KKM adalah sebagai berikut,
kecuali....
A. sebagai acuan peserta didik dalam
menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
B. merupakan target satuan pendidikan
dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
C. dapat digunakan sebagai bagian dari
komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di
sekolah.
D. Sebagai kegiatan
pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau
kuantitatif.
52. Fungsi indikator dijadikan sebagai
penanda dalam….
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi
dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
53. Untuk menentukan tindak lanjut
pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;
A. Menilai tingkat pencapaian hasil
belajar siswa
B. Menambah bahan
pelajaran baru
C. Mengetahui
jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut
D. Memilih
waktu yang tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut
54. Instrumen yang diguanakan untuk
menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah:
A. Pedoman observasi
B. Kuesioner
C. Pedoman wawancara
D. Tes hasil belajar
55. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk
menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali harus
dipelajari:
A. Buku sumber yang digunakan
B. Kurikulum dan silabus
C. Indikator pencapaian kompetensi
D. Kemampuan awal siswa
56. Salah satu prinsip dalam penilaian
hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:
A. penilaian berdasarkan data yang
mencerminkan kemampuan yang harus diukur
B. penilaian merupakan bagian yang tak
terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
C. penilian berdasarkan kriteria yang
jelas tentang kompetensi yang harus dicapai
D. penilaian harus
berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
57. Instrumen penilaian hasil belajar yang
digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:
A. Konstruksi butir soal memenuhi
persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
B. Substansi yang diukur
mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
C. Bahasa yang digunakan komukinatif
sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik
D. Digunakan untuk ulangan
tengah semester dan ulangan akhir semester
58. Untuk mengetahui prestasi belajar
yang dicapai oleh semua peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan
dengan menghitung nilai;
A. Mean
B. Modus
C. Median
D. Simpangan baku
59. Standar penilaian pendidikan
merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan
A. Penilaian hasil belajar
peserta didik
B. Penilaian proses pembelajaran yang
dilakukan guru
C. Penilaian silabus dan RPP
D. Penilaian standar kompetensi lulusan
60. Penilaian adalah penafsiran hasil
pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil
belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai,
perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan
hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek
penilaian….
A. Objektivitas.
B. Transparan
C. Bermakna
D. Menyeluruh
61. Upaya merancang pengayaan bagi
perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan
guru sebagai berikut:
A. Memberikan tambahan materi berupa
sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. memberikan test tambahan dengan
tingkat kesukaran lebih tinggi
C. memberikan tambahan sumber bacaan
yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya
yang sesuai
D. diberikan materi bahan
ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki
kesulitan tinggi
62. Dasar rancangan program remidi bagi
peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
A. proses pengajaran remedial pada
dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B. tujuan pengajaran remedial adalah
sama dengan test diagnostik
C. sasaran terpenting
pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D. strategi yang dipilihhanya berbentuk
test ulang
63. Salah satu prinsip merancang program
remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat rancangan pembelajaran khusus
untuk siswa peserta remedial
B. Menggunakan rancangan pembelajaran
yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar
siswa
C. Menggunakan rancangan
pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang test ulang saja tanpa ada
pengulangan penjelasan materi
64. . Kriteria ketuntasan
minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh
sekolah, pada prinsipnya merupakan:
A. Nilai
batas ambang kompetensi
B. Nilai
minimal yang dicapai peserta didik
C. Nilai
maksimal yang dicapai peserta didik
D. Nilai
batas ambang kelulusan ujian sekolah
65. Penilaian portofolio dapat
dilaksanakan dengan cara ….
A. Memberikan penilaian menyeluruht
erhadap tugas-tugas siswa
B. Mengumpulkan lembaran-lembaran
jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C. Mengumpulkan hasil
kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan
siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D. Mengumpulkan lembaran-lembaran
jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami
pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
66. Penilaian hasil belajar siswa
didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses
pembelajaran dan hasil post test disebut ....
A. Konstruktivisme
B. Authentic assesment
C. Efektif
D. kondusif
67. Pendekatan tes ini menggunakan norma
yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para
pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh
seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status
individu di dalam kelompok.
Pendekatan tes yang dimaksud adalah….
A. Penilaian berkelanjutan
B. penilaian menyeluruh
C. penilaian acuan patokan
D. penilaian acuan norma
68. Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan
penilaian yang disebut dengan istilah penilaian acuan kriteria (PAK). PAK
merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria
ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal
yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik
Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta
didik.
Dengan demikian, Kurikulum 2013
menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
a. Penilaian berkelanjutan
b. Penilaian autentik
c. Penilaian acuan patokan
d. Penilaian acuan norma
69. Menggambarkan sejauh mana seorang
peserta didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A. tujuan penilaian
B. prinsip penilaian
C. fungsi penilaian
D. hasil penilaian
70. Mengetahui tingkat penguasaan
kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum
dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran
remidial dan program pengayaan merupakan….
A. prinsip penilaian
B. tujuan penilaian
C. fungsi penilaian
D. bentuk penilaian.
71. Assesment hasil belajar peserta didik
harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
A. objektif
B. adil
C. kooperatif
D. terpadu.
72. Penilaian yang didasarkan pada data
yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip
penilian yang:
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
73. Penilaian yang dapat
dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal
tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. adil
B. akuntabel
C. valid
D. sistematis
74. Penilaian yang dilakukan secara
berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut
merupakan prinsip penilaian yang…
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
75. Di bawah ini beberapa hal yang perlu
diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali….
A. ditujukan untuk mengukur pencapaian
kompetensi
B. menggunakan acuan kriteria
berdasarkan pencapaian kompetensi
C. ditindaklanjuti dengan program
remedial dan pengayaan
D. dilakukan pengulangan
jika ternyata hasilnya banyak yang jelek
76. Program pembelajaran remedial
hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecepatan,
kesempatan, dan gaya belajar masing-masing. Pembelajaran remedial harus
mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.Pernyataan di atas termasuk
salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...
A. Fleksibilitas
B. Interaktif
C. Adaptif
D. Kesinambungan
77. Berdasarkan data hasil evaluasi
pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal.
Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program
remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program
pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan
cara...
A. Mengadakan pendalaman
materi terkait dengan KD tersebut
B. Digabung dengan siswa yang belum
tuntas ikut remedial
C. Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
D. Memberi tugas mengerjakan lembar
kerja siswa
78. Upaya merancang pengayaan bagi
perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan
guru sebagai berikut:
A. Memberikan tambahan materi berupa
sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. memberikan test tambahan dengan
tingkat kesukaran lebih tinggi
C. memberikan tambahan sumber bacaan
yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya
yang sesuai
D. diberikan materi bahan
ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki
kesulitan tinggi
79. Dasar rancangan program remidi bagi
peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
A. proses pengajaran remedial pada
dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B. tujuan pengajaran remedial adalah
sama dengan test diagnostik
C. sasaran terpenting
pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D. strategi yang dipilihhanya berbentuk
test ulang
80. Salah satu prinsip merancang program
remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat rancangan pembelajaran khusus
untuk siswa peserta remedial
B. Menggunakan rancangan
pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis
evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan rancangan pembelajaran
baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang test ulang saja tanpa ada
pengulangan penjelasan materi
81. Agar dapat menyusun hipotesis tindakan
dengan tepat, Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan itu
adalah pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan
tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah ...
A. merumuskan masalah
B. mengidentifikasi masalah
C. Merancang PTK dengan
mengajukan hipotesis tindakan
D. menyusun proposal penelitian
82. Mengetahui proses tindakan, pengaruh
tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan kendala tindakan,
(d) bagaimana keadaan dan kendala tersebut menghambat atau mempermudah tindakan
dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ….
A. refleksi
B. observasi
C. perencanaan
D. pelaksanaan
A. A. observasi --> refleksi -->
perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B. refleksi --> perencanaan -->
pelaksanaan tindakan --> observasi
C. perencanaan --> observasi -->
pelaksanaan tindakan --> refleksi
D. perencanaan -->
pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi
84. Rumusan masalah dalam PTK berikut,
yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
A. Apakah pengaruh permainan peran dapat
meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali?
B. Bagaimana cara
meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya
jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C. Mengapa siswa SMA Negeri 2 Boyolali
selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional?
D. Bagaimana cara menggunakan alat
peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
85. Dalam Penelitian tindakan kelas,
masalah yang diteliti berasal dari ....
A. kerisauan guru akan
kinerjanya di kelas yang diajar
B. keriasauan pendidik akan mutu
pendidikan
C. keinginan untuk membantu guru
D. kepedulian peneliti akan kinerja guru
86. Di bawah ini adalah prinsip-prinsip
penelitian tindakan kelas (PTK) menurut Suharsimi Arikunto, kecuali….
A. Kesadaran diri untuk memperbaiki
kinerja
B. Kegiatan yang
direkayasa
C. Perencanaan
D. Upaya empiris dan sistematis
87. Pola
perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan terus-menerus
merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A. Pengumpulan data
B. Menganalisis masalah
C. Mencapai tujuan
D. Menentukan ruang lingkup
88. Peran guru dalam PTK adalah sebagai…
A. Guru
B. Peneliti
C. Guru dan Peneliti
D. Objek Penelitian
89. Berikut ini kegiatan PTK pada tahap
pertengahan tindakan, kecuali….
A. Pelaksanaan tindakan
B. Observasi dan intepretasi
C. Diskusi balikan
D. Analisis data
90. Tujuan PTK adalah…
A. Perbaikan KBM
B. Menyusun teori baru
C. Memperbaiki teori
D. Menyusun generalisasi
91. Merenungkan kembali tindakan
perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK
merupakan…
A. Analisis
B. Refleksi
C. Observasi
D. Diskusi
92. Latar belakang, tujuan penelitian,
dan manfaat penelitian harus menjadi bagian dari PTK khususnya pada bagian….
A. Kesimpulan
B. Prosedur penelitian
C. Pendahuluan
D. Metodologi penelitian
93. Persiapan awal dalam PTK adalah…
A. Menyiapkan cara wawancara
B. Membuat analisis kelayakan hipotesis
C. Membuat rencana
(perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
D. Menyiapkan fasilitas dan sarana
94. Proposal penelitian dalam PTK
adalah….
A. Usulan untuk mendapatkan dana
penelitian
B. Uraian tentang komponen-komponen yang
harus dilakukan guru
C. Uraian projek penelitian pendidikan
D. Perencanaan sistematik
untuk melaksanakan PTK
95. Berikut ini langkah-langkah dalam
tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…
A. Formulasi solusi dalam bentuk
hipotesis tindakan
B. Analisis kelaikan hipotesis tindakan
C. Persiapan tindakan
D. Observasi dan
inperetasi.
96. Kegiatan yang harus dilakukan setelah
pembelajaran adallah melakukan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan
pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik. Tujuan dilakukannya refleksi
pembelajaran bagi peserta didik adalah....
A. untuk mengidentifikasi faktor-faktor
penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B. untuk mencapai
kepuasaan diri peserta didik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin
komunikasi positif dengan pendidik.
C. untuk meningkatkan motivasi belajar
peserta didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
D. untuk mencapai kepuasaan diri
pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan
peserta pendidik.
97. Kegiatan yang harus dilakukan setelah
pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran
bagi pendidik antara lain adalah ….
A. Untuk menganalisis
tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik
B. Untuk melakukan evaluasi diri
terhadap hasil belajar yang telah dilakukan
C. untuk mengidentifikasi faktor-faktor
penyebab kegagalan pembelajaran
D. Untuk mengembangkan model
pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
98. Kegiatan refleksi merupakan kegiatan
terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah guru akan dapat
mengetahui berhasil tidaknya rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan
refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya adalah
....
A. Hasil penilaian pendidik dijadikan
masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian dilaksanakan di akhir
pembelajaran
D. Penilaian dilaksanakan
sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran
99. Refleksi terhadap pembelajaran mutlak
harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan
meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip, di
antaranya adalah ….
A. Penilaian dilaksanakan di akhir
pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian oleh peserta
didik dilakukan dengan sangat kritis
D. Hasil penilaian pendidik dijadikan
masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
100.Untuk
mengetahui keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah
peserta didik mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan
keaktifan peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang kesulitan-kesulitan
yang dihadapi peserta didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan
yang dapat menjelaskan memberikan penjelasan tetang hasil wawancara atau
pengamatan diantaranya adalah ...
A. Mengapa peserta didik tidak aktif
dalam mengikuti pembelajaran?
B. Bagaimanakah proses pembelajaran yang
dilakukan agar efektif?
C. Apakah kompetensi awal peserta didik
untuk mengikuti pembelajaran memadai?
D. mengapa peserta didik
kita memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan
SEMOGA BERMANFAAT