Gerakan Pendidikan Terbuka
Konsep pendidikan terbuka mengandung ideologi sederhana bahwa ilmu pengetahuan adalah komoditi publik (public good). Hal ini sejalan dengan pemahaman bahwa pendidikan adalah hak universal yang dimiliki setiap orang. Oleh karena itu, seyogianya setiap orang memiliki akses terhadap layanan pendidikan. Penyediaan akses terhadap pendidikan perlu dilakukan dengan konsep keterbukaan di mana setiap orang diberi kesempatan yang sama untuk menikmatinya. Konsep pendidikan terbuka atau open education atau open learning menekankan pentingnya keluwesan sistem, perutama dalam meminimalkan kendala tempat, waktu, dan aspek lain yang disebabkan oleh karakteristik mahasiswa seperti misalnya keadaan ekonomi (Bates, 1995 dalam T. Belawati, 1999), demografi (usia), maupun geografi (lokasi tempat tinggal).
Dengan
kata lain, suatu pendidikan terbuka adalah suatu sistem di mana setiap individu
dapat belajar tanpa restriksi apapun (Bates, 1995). Keadaan ini merupakan
sesuatu yang ideal, yang dalam praktiknya tidak selalu dapat dilaksanakan.
Salah satu metode pendidikan yang sejauh ini dianggap lebih mampu dari sistem
pendidikan tatap muka (konvensional) dalam mencapai keadaan ideal itu adalah
sistem pendidikan jarak jauh atau distance education. Oleh karena itu, pada
jenjang pendidikan tinggi, pendidikan terbuka juga sering diasosiasikan sebagai
istilah generik untuk model pembelajaran yang dilakukan oleh universitas yang
menawarkan pendidikan jarak jauh (distance education) seperti yang ada di
Inggris (The Open University); yang kemudian banyak ditiru oleh negara lain
termasuk Indonesia, yang pada tahun 1984 mendirikan Universitas Terbuka Memang
tidak semua pendidikan terbuka dilaksanakan secara jarak jauh.
Asosiasi
antara konsep pendidikan terbuka dengan penyelenggaraan pendidikan tinggi oleh
universitas-universitas terbuka semakin lama semakin diakui, terbukti darı
semakin banyaknya model universitas terbuka yang didirikan oleh berbagai negara
di dunia.
Setelah
berdirinya The Open University di Inggris pada tahun 1969, Pakistan mendırıkan
Allama Iqbal Open University pada tahun 1973. Setelah itu, banyak
universitas-universitas terbuka lainnya, baik yang menggunakan nama universitas
terbuka maupun tidak, yang menyelenggarakan pendidikan tinggi secara terbuka
dan jarak jauh
Gerakan pendidikan terbuka yang sedang berkembang ini menggabungkan tradisi berbagi ide-ide cemerlang dengan sesama pendidik dan budaya kolaboratif serta interaktif di internet. Gerakan ini dibangun atas keyakinan bahwa setiap orang seharusnya memiliki kebebasan untuk menggunakan, menyesuaikan, meningkatkan, dan mendistribusikan ulang sumber daya pendidikan tanpa batasan. Para pendidik, peserta didik, dan pihak-pihak lain yang memiliki keyakinan yang sama ini berkumpul sebagai bagian dari upaya global untuk menjadikan pendidikan lebih mudah diakses dan lebih efektif.
Koleksi
sumber daya pendidikan terbuka global yang terus berkembang telah menciptakan
landasan yang subur bagi upaya ini. Sumber daya ini mencakup materi kursus
berlisensi terbuka, rencana pembelajaran, buku teks, permainan, perangkat
lunak, dan materi lain yang mendukung pengajaran dan pembelajaran. Sumber daya
ini berkontribusi dalam menjadikan pendidikan lebih mudah diakses, terutama di
daerah yang dana untuk materi pembelajaran terbatas. Sumber daya ini juga
memupuk budaya partisipatif dalam belajar, berkreasi, berbagi, dan bekerja sama
yang dibutuhkan oleh masyarakat berbasis pengetahuan yang terus berubah dengan
cepat.
Namun,
pendidikan terbuka tidak terbatas hanya pada sumber daya pendidikan terbuka.
Pendidikan terbuka juga memanfaatkan teknologi terbuka yang memfasilitasi
pembelajaran kolaboratif dan fleksibel, serta berbagi praktik pengajaran secara
terbuka yang memberdayakan para pendidik untuk memanfaatkan ide-ide terbaik
rekan mereka. Pendidikan terbuka juga dapat berkembang dengan mencakup
pendekatan-pendekatan baru dalam penilaian, akreditasi, dan pembelajaran
kolaboratif. Memahami dan merangkul inovasi-inovasi seperti ini sangat penting
bagi visi jangka panjang gerakan ini.
Ada
banyak hambatan untuk mewujudkan visi ini. Sebagian besar pendidik masih belum
menyadari semakin banyaknya sumber daya pendidikan terbuka. Banyak pemerintah
dan lembaga pendidikan yang tidak menyadari atau tidak yakin akan manfaat
pendidikan terbuka. Perbedaan skema lisensi untuk sumber daya terbuka
menciptakan kebingungan dan ketidaksesuaian. Dan, tentu saja, sebagian besar
dunia belum memiliki akses ke komputer dan jaringan yang merupakan bagian
integral dari sebagian besar upaya pendidikan terbuka saat ini.
Hambatan-hambatan
ini dapat diatasi, tetapi hanya dengan bekerja sama. Kami mengundang para
pelajar, pendidik, pelatih, penulis, sekolah, perguruan tinggi, universitas,
penerbit, serikat pekerja, perkumpulan profesional, pembuat kebijakan,
pemerintah, yayasan, dan pihak-pihak lain yang memiliki visi yang sama untuk
berkomitmen dalam upaya dan promosi pendidikan terbuka, khususnya pada tiga
strategi berikut untuk meningkatkan jangkauan dan dampak sumber daya pendidikan
terbuka:
- Para
pendidik dan peserta didik: Pertama,
kami mendorong para pendidik dan peserta didik untuk berpartisipasi aktif
dalam gerakan pendidikan terbuka yang sedang berkembang. Partisipasi
tersebut meliputi: menciptakan, menggunakan, mengadaptasi, dan
meningkatkan sumber daya pendidikan terbuka; merangkul praktik pendidikan
yang dibangun di atas kolaborasi, penemuan, dan penciptaan pengetahuan;
serta mengajak rekan sejawat dan kolega untuk terlibat. Menciptakan dan
menggunakan sumber daya terbuka harus dianggap sebagai bagian integral
dari pendidikan dan harus didukung serta diberi penghargaan yang sesuai.
- Sumber
daya pendidikan terbuka: Kedua,
kami mengimbau para pendidik, penulis, penerbit, dan institusi untuk
merilis sumber daya mereka secara terbuka. Sumber daya pendidikan terbuka
ini harus dibagikan secara bebas melalui lisensi terbuka yang
memfasilitasi penggunaan, revisi, penerjemahan, penyempurnaan, dan
pembagian oleh siapa pun. Sumber daya harus diterbitkan dalam format yang
memudahkan penggunaan dan penyuntingan, serta mengakomodasi beragam
platform teknis. Sebisa mungkin, sumber daya tersebut juga harus tersedia
dalam format yang dapat diakses oleh penyandang disabilitas dan mereka
yang belum memiliki akses internet.
- Kebijakan
pendidikan terbuka: Ketiga,
pemerintah, dewan sekolah, perguruan tinggi, dan universitas harus
menjadikan pendidikan terbuka sebagai prioritas utama. Idealnya, sumber
daya pendidikan yang didanai pembayar pajak haruslah sumber daya
pendidikan terbuka. Proses akreditasi dan adopsi harus mengutamakan sumber
daya pendidikan terbuka. Repositori sumber daya pendidikan harus secara
aktif memasukkan dan menyoroti sumber daya pendidikan terbuka dalam
koleksinya.
Strategi-strategi
ini lebih dari sekadar langkah yang tepat. Strategi-strategi ini merupakan
investasi yang bijaksana dalam pengajaran dan pembelajaran di abad ke-21.
Strategi-strategi ini akan memungkinkan pengalihan dana dari buku teks yang
mahal ke pembelajaran yang lebih baik. Strategi-strategi ini akan membantu guru
unggul dalam pekerjaan mereka dan memberikan peluang baru untuk visibilitas dan
dampak global. Strategi-strategi ini akan mempercepat inovasi dalam pengajaran.
Strategi-strategi ini akan memberikan kendali lebih besar atas pembelajaran
kepada peserta didik itu sendiri. Ini adalah strategi yang masuk akal bagi
semua orang.
Sumber:
Berkomunikasi
Terbuka
Membawa
pesan pendidikan terbuka ke masyarakat umum
Mengapa
ini penting?
Sepuluh
tahun yang lalu, Deklarasi Cape Town menjabarkan visi yang meyakinkan untuk
dunia pendidikan yang terbuka, fleksibel, dan efektif yang telah menginspirasi
ribuan pendidik, peserta didik, advokat, dan pembuat kebijakan di seluruh
dunia. Namun, setelah satu dekade advokasi yang penuh semangat, kebutuhan akan
kesadaran yang lebih luas tentang pendidikan terbuka tetap ada. Tantangannya
bukanlah menjangkau cukup banyak orang, melainkan mengartikulasikan makna dan
nilai pendidikan terbuka dengan cara yang beresonansi dengan khalayak umum,
sama seperti Deklarasi Cape Town beresonansi dengan kita. Agar gerakan
pendidikan terbuka dapat mencapai tingkat berikutnya, kita perlu menyampaikan
pesan kita kepada masyarakat umum dan menjelaskan mengapa pendidikan terbuka
penting bagi mereka. Singkatnya, kita perlu menjadi komunikator yang lebih
baik.
Apa
peluangnya?
Meskipun
komunikasi sangat bervariasi dalam konteks, budaya, dan bahasa, terdapat
beberapa kebutuhan umum di seluruh komunitas pendidikan terbuka.
Secara
global, kita perlu bekerja sama untuk memastikan pemahaman bersama tentang
istilah "terbuka" dalam konteks pendidikan, dan mengomunikasikan
perbedaannya dengan konsep terkait seperti gratis, digital, atau daring.
Terbuka berarti membuka semua kemungkinan yang ada dalam pendidikan di dunia
yang semakin digital dan terhubung internet ini dengan memberdayakan setiap
orang untuk bebas menggunakan, mengedit, dan berbagi—kapan pun, di mana pun,
dalam format apa pun.
Di
tingkat lokal, para advokat perlu mengembangkan pesan yang mengomunikasikan
makna dan nilai keterbukaan kepada komunitas mereka. Keterbukaan lebih dari
sekadar seperangkat atribut yang diterapkan pada konten, melainkan seperangkat
praktik dan nilai yang mencapai manfaat penting dan nyata bagi guru dan peserta
didik. Pesan yang berbeda akan menarik bagi audiens yang berbeda. Siswa Amerika
mungkin peduli dengan pendidikan terbuka sebagai cara untuk menghemat biaya,
sekolah Jerman sebagai cara untuk mengkatalisasi kolaborasi dan inovasi, atau
pembuat kebijakan Indonesia sebagai cara untuk memperluas kesempatan pendidikan
yang relevan secara lokal bagi populasi terpencil. Keterbukaan bukanlah tujuan,
melainkan cara untuk mencapai tujuan yang lebih penting.
Bagaimana
Anda bisa terlibat?
- Tambahkan—dan
gunakan—kisah-kisah kemanusiaan yang menarik tentang dampak pendidikan
terbuka melalui Peta
Dunia OER . Pamerkan kisah-kisah ini di postingan blog, artikel,
laporan, dan media lainnya.
- Berusahalah
untuk keluar dari percakapan yang terisolasi dalam komunitas pendidikan
terbuka, dan sampaikan pesan pendidikan terbuka kepada khalayak umum.
Pertimbangkan untuk mempresentasikan di konferensi yang berfokus pada
isu-isu pendidikan umum dan teknologi, menulis untuk buletin asosiasi
industri, menjangkau perkumpulan akademis, dan bekerja sama dengan
organisasi yang mendukung populasi yang kurang terlayani.
- Berikan
edukasi kepada media berita yang menulis tentang pendidikan di negara Anda
tentang pendidikan terbuka dan maknanya. Dorong mereka untuk menyoroti
kisah sukses pendidikan terbuka sebagai contoh konsep umum yang sering
dibahas dalam berita, seperti pembelajaran jarak jauh, teknologi di ruang
kelas, dan menjadikan pendidikan lebih mudah diakses dan terjangkau.
- Tinjau
kembali bagaimana organisasi Anda membahas pendidikan terbuka untuk
memastikan makna pendidikan terbuka terartikulasi dengan jelas, dan yang
lebih penting, proposisi nilai yang ditawarkan bagi audiens yang Anda
pedulikan. Pesan yang Anda sampaikan mungkin berbeda dengan pesan yang
mereka sampaikan.
Memberdayakan
Generasi Berikutnya
Gerakan
pendidikan terbuka harus menempatkan generasi berikutnya sebagai intinya.
Mengapa
ini penting?
Siswa
merupakan bagian integral dari pendidikan terbuka, tetapi pentingnya bukan
hanya tentang masa kini, tetapi juga tentang masa depan. Mereka yang duduk di
kelas sepuluh tahun lalu memimpin kelas hari ini dan akan menjadi profesor
tetap, guru senior, dan pembuat kebijakan pendidikan di masa depan. Mengubah
budaya lembaga pendidikan kita menuju keterbukaan perlu dimulai dari generasi
mendatang, mereka yang masih mempelajari praktik dan kebiasaan yang akan
membentuk karier mereka selanjutnya. Bagaimana kita melibatkan dan mendukung
siswa dan pendidik muda saat ini akan membantu membentuk gerakan ini—dan sistem
pendidikan kita secara keseluruhan—untuk beberapa dekade mendatang.
Apa
peluangnya?
Generasi
mendatang memiliki peran sentral dalam keberhasilan gerakan pendidikan
terbuka—baik dalam jangka pendek sebagai pencipta dan pendukung perubahan yang
kuat, maupun dalam jangka panjang sebagai pemimpin yang akan membentuk sistem
pendidikan masa depan . Para pemimpin yang mapan harus berkomitmen
untuk secara aktif melibatkan siswa dan pendidik awal karier dalam gerakan ini
sebagai pengguna, pendukung, dan pencipta OER yang termotivasi untuk membangun
budaya keterbukaan di tahun-tahun mendatang.
Kita
telah menyaksikan mahasiswa mendorong perubahan lokal, seperti para advokat
mahasiswa di Amerika Utara, yang telah mendorong institusi mereka untuk
mendirikan program percontohan OER. Mahasiswa juga berkontribusi sebagai
kreator melalui praktik pedagogi terbuka —puluhan
ribu mahasiswa telah membantu menyempurnakan Wikipedia sebagai bagian dari
perkuliahan mereka. Jika generasi mendatang memasuki karier mereka dengan
komitmen pada nilai-nilai keterbukaan, kemungkinan untuk pendidikan menjadi tak
terbatas.
Sumber
: https://www.capetowndeclaration.org/cpt10/empowering-the-next-generation/
Terhubung
dengan Gerakan Terbuka Lainnya
Pendidikan
terbuka dapat tumbuh lebih kuat melalui kolaborasi dengan gerakan-gerakan
sekutu
Mengapa
hal ini penting?
Pendidikan
terbuka adalah salah satu dari banyak gerakan yang berupaya memajukan
keterbukaan dan akses terhadap pengetahuan. Gerakan Akses terhadap Pengetahuan
(A2K) yang lebih luas merangkul banyak strategi, termasuk akses terbuka
terhadap penelitian, data terbuka, dan reformasi
hak cipta , di samping pendidikan terbuka. Aliansi yang lebih luas
lagi dapat dilihat dengan gerakan-gerakan yang mengupayakan keterbukaan dalam
cara-cara lain, termasuk perangkat lunak bebas dan sumber terbuka, pemerintahan
terbuka, dan budaya terbuka. Komunitas pendidikan terbuka juga dapat melihat
dirinya sebagai bagian dari gerakan yang lebih besar untuk mendukung berbagi
dan kepentingan bersama di era digital. Seiring gerakan pendidikan terbuka
memasuki dekade berikutnya, kita harus mempertimbangkan bagaimana kita
mengeksplorasi dan memanfaatkan koneksi-koneksi ini untuk mencapai tujuan
bersama.
Apa
peluangnya?
Dengan
bergabung dengan komunitas A2K yang lebih luas, gerakan pendidikan terbuka
dapat memperoleh sekutu dan meningkatkan dampaknya. Khususnya, gerakan akses
terbuka memiliki basis dukungan yang kuat di antara perpustakaan riset di
seluruh dunia, yang telah berhasil mengadvokasi kebijakan untuk memajukan akses
publik terhadap riset yang didanai publik. Dengan menyelaraskan strategi dan
berkolaborasi, gerakan kita berpotensi memperkuat seruan untuk akses publik
terhadap materi
pendidikan dan hasil riset yang didanai publik .
Demikian
pula, koalisi pendidikan terbuka nasional dapat memperluas mandat mereka untuk
mengadvokasi akses yang lebih luas terhadap isu-isu pengetahuan. Hal ini telah
dilakukan oleh Koalisi Pendidikan Terbuka nasional di Kirgistan, yang berhasil
mengadvokasi penerapan Perjanjian Marrakesh untuk Tunanetra, yang memungkinkan
pengecualian hak cipta untuk memfasilitasi terciptanya versi materi pendidikan
dan karya lainnya yang aksesibel.
Area
konvergensi yang menarik juga muncul di tempat lain. Hubungan antara pendidikan
terbuka dan gerakan pemerintahan terbuka telah berhasil dibangun dalam
lingkup Kemitraan
Pemerintah Terbuka , dan upaya seperti OpenCon menyoroti
bagaimana generasi mendatang mendekati keterbukaan dalam penelitian dan
pendidikan secara lebih holistik. Upaya yang lebih terencana untuk
mengoordinasikan pesan dan tindakan akan membantu membangun gerakan keterbukaan
yang lebih kuat dan lebih luas yang bermanfaat bagi kita semua.
Bagaimana
Anda bisa terlibat?
- Lihatlah
apakah ada koalisi terbuka nasional di negara Anda, dan ikutlah terlibat.
- Lihat Laporan Kebijakan Terbuka Global yang menyajikan
ikhtisar global tentang kebijakan terbuka di empat area yang saling
terkait: pendidikan, sains, data, dan warisan.
- Jika
Anda berada di Amerika Utara atau Eropa, hubungi SPARC atau SPARC Eropa , yang
bergerak di bidang Akses Terbuka, Pendidikan Terbuka, dan Data Terbuka.
Jika Anda berasal dari negara berkembang atau negara transisi, cari tahu
apakah ada koordinator Akses Terbuka EIFL di negara Anda.
- Untuk
mempelajari lebih lanjut tentang reformasi hak cipta, lihat COMMUNIA
Sumber
: https://www.capetowndeclaration.org/cpt10/connecting-with-other-open-movements/
Pendidikan
Terbuka untuk Pembangunan
Membuka
peluang baru bagi pendidikan dalam mendukung pembangunan
Mengapa
hal ini penting?
Tujuan
Pembangunan Berkelanjutan
PBB
4 menyerukan kepada masyarakat global untuk memastikan pendidikan yang
inklusif dan berkualitas bagi semua orang serta mempromosikan pembelajaran
sepanjang hayat. Visi yang sama ini merupakan inti dari Deklarasi Cape Town dan
merupakan nilai bersama yang ingin dicapai oleh pendidikan terbuka. Sebagai
sebuah gerakan, kita perlu memusatkan peran pendidikan terbuka dalam memajukan
pembangunan di seluruh dunia.
Tantangan
dalam memperluas kesempatan pendidikan yang berkaitan dengan pembangunan sangat
beragam. Seringkali, hambatannya adalah penyediaan materi pendidikan
berkualitas dan relevan secara lokal, terutama dalam bahasa dan wilayah yang
kurang terlayani yang tidak diprioritaskan oleh mekanisme pasar tradisional.
Tantangan lain mungkin berupa infrastruktur, termasuk konektivitas, listrik,
atau sistem transportasi yang dibutuhkan agar materi dapat menjangkau siswa,
terutama di daerah pedesaan. Di daerah yang akses teknologinya semakin luas,
pelatihan guru dan keterampilan literasi digital mungkin belum memadai.
Meskipun spesifikasinya sangat bervariasi di berbagai negara dan konteks,
benang merahnya adalah bahwa pendekatan tradisional tidak berhasil dan diperlukan
pendekatan baru.
Apa
peluangnya?
Pendidikan
terbuka menciptakan peluang bagi pendekatan baru dalam pengembangan sumber daya
pembelajaran, termasuk strategi dan metode untuk menggunakan kembali,
menerjemahkan, dan mengadaptasi konten berlisensi terbuka. Storyweaver karya Pratham
Books adalah contoh bagus sebuah proyek yang mengambil pendekatan
baru, memungkinkan siapa pun untuk berkontribusi dengan menerjemahkan buku ke
dalam bahasa lokal mereka sendiri, atau bahkan menciptakan cerita baru
berdasarkan gambar dan ilustrasi yang dibagikan oleh orang lain. Buku-buku
berlisensi terbuka, dan dapat diunduh serta dicetak secara lokal.
Peluang
untuk melokalisasi dan mendistribusikan OER dalam skala besar juga semakin
luas, termasuk melalui penggunaan perangkat seluler. Di Senegal, yang memiliki
salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat untuk pendidikan daring mandiri,
proyek SeeSD menerjemahkan
dan mengadaptasi OER STEM agar sesuai dengan kebutuhan lokal. African Virtual
University menciptakan repositori OER bagi para pendidik Afrika untuk berbagi
OER yang mereka buat satu sama lain dan dunia.
Akses
terhadap materi pendidikan memang penting, tetapi belum cukup. Penekanan yang
seimbang harus diberikan untuk memastikan guru dan sekolah dibekali dengan
pelatihan dan dukungan yang dibutuhkan untuk menemukan, mengadaptasi, dan
memanfaatkan OER secara efektif bersama siswa, termasuk literasi digital dasar.
Pendidikan terbuka juga dapat menyediakan pendekatan baru, misalnya TESS-India ,
sebuah program pengembangan profesional untuk mendukung penerapan kelas yang
lebih berpusat pada peserta didik dan efektif.pedagogi dengan OER untuk memberi
manfaat bagi siswa.
Bagaimana
Anda bisa terlibat?
- Terlibatlah
sebagai penerjemah atau pembuat konten dalam proyek seperti Storyweaver atau African Storybook yang
mendukung produksi sumber daya pendidikan yang relevan secara lokal.
- Pembuat
OER harus mengikuti praktik terbaik dalam menyediakan berkas sumber yang
dapat diedit, sehingga memudahkan orang lain menerjemahkan dan melokalkan
materi. Sebisa mungkin, hindari format proprietary yang mengharuskan
pembelian perangkat lunak untuk melakukan perubahan.
- Bicarakan
tentang pendidikan terbuka sebagai jalan untuk mencapai Tujuan Pembangunan
Berkelanjutan 4. SDGs memiliki visibilitas tinggi di kalangan
internasional, dan ini dapat membantu meningkatkan kesadaran akan
pendidikan terbuka, dan sebaliknya.
- Tinjau
hasil studi dari Penelitian
Sumber Daya Pendidikan Terbuka untuk Pembangunan (ROER4D) untuk
memahami lebih lanjut tentang OER dalam konteks berkembang.
Pedagogi Terbuka
Memanfaatkan
kekuatan keterbukaan dalam praktik pengajaran dan pembelajaran
Mengapa
ini penting?
Selama
dekade terakhir, sebagian besar fokus gerakan pendidikan terbuka berpusat pada
penciptaan dan adopsi sumber daya pendidikan terbuka. Beberapa terobosan paling
menarik dalam pendidikan terbuka terletak pada pedagogi terbuka, yang secara
luas dipahami sebagai praktik pengajaran dan pembelajaran yang dimungkinkan
oleh kemampuan untuk menyimpan, menggunakan kembali, merevisi, merombak, dan
mendistribusikan ulang materi pendidikan. Lingkungan terbuka memberdayakan para
pendidik untuk melepaskan diri dari batasan buku teks
statis dan tugas-tugas tradisional, serta membuka pintu bagi
pengalaman pendidikan yang imajinatif, kolaboratif, dan menarik yang dapat
membantu mentransformasi pengajaran dan pembelajaran menjadi lebih baik.
Apa
peluangnya?
Baik
dosen perorangan maupun organisasi secara keseluruhan memimpin dalam pedagogi
terbuka, seringkali dengan memanfaatkan Wikipedia—repositori OER terbesar di
dunia. Misalnya, sekelompok profesor sains telah mulai menugaskan penyuntingan
Wikipedia sebagai bagian dari persyaratan mata kuliah mereka, memberikan puluhan ribu mahasiswa kesempatan untuk terlibat dalam
pengalaman belajar autentik dengan menciptakan—bukan hanya
mengonsumsi—pengetahuan.
Batasan
lain dalam pedagogi terbuka mencakup penataan ulang pendidikan dasar dan
menengah agar siswa mempelajari mata pelajaran inti dalam konteks pemecahan
masalah holistik dan nyata di dunia nyata seperti Tantangan
Besar Global atau Tujuan
Pembangunan Berkelanjutan . Bagaimana jika kita dapat memanfaatkan
waktu kolektif siswa untuk menulis makalah atau mengerjakan tugas untuk mencari
solusi bersama atas masalah-masalah ini? Pedagogi terbuka semacam ini tidak
hanya melibatkan siswa dengan menunjukkan penerapan langsung pendidikan mereka,
tetapi juga memicu kerinduan generasi
mendatang untuk menghasilkan solusi nyata. Contoh-contoh ini baru
permulaan yang menunjukkan kemungkinan-kemungkinan ketika OER dipadukan dengan
pedagogi terbuka.
Bagaimana
Anda bisa terlibat?
- Para
pendidik dapat menjajaki penerapan pedagogi terbuka di kelas mereka. Hal
ini bisa berupa tugas kecil seperti menyunting Wikipedia bagi siswa, atau
tugas besar seperti mendesain ulang kurikulum agar berfokus pada Tantangan
Besar Global. Peserta didik juga dapat memanfaatkan kesempatan belajar
seperti ini.
- Pemerintah
dapat mendorong dan menyediakan pendanaan untuk penggunaan OER yang lebih
efektif di kelas, di semua jenjang pendidikan.
- Para
pendidik dapat bergabung dengan semakin banyaknya rekan mereka yang telah
terlibat dalam pengajaran dengan Wikipedia. Wiki
Education (di Amerika Utara) dan The Wikimedia Foundation (di seluruh dunia)
memberikan dukungan bagi para profesor yang tertarik dengan pendekatan
ini.
- Tinjau
kontribusi Tahun Perspektif Terbuka untuk mengeksplorasi berbagai
pandangan tentang pedagogi terbuka.
Sumber
:
https://www.capetowndeclaration.org/cpt10/open-pedagogy/
https://www.capetowndeclaration.org/cpt10/

Posting Komentar untuk "Gerakan Pendidikan Terbuka"