Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CONTOH ESAI GURU PENGGERAK TAHUN 2021

Sumber Gambar: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/

MENULIS ESAI

Sebagai contoh dalam penulisan esai untuk syarat dalam mengikuti program GTK.KEMDIKBUDRITEKDIKTI dalam hal ini, kita mempublish contoh untuk gambaran mengisi pertanyaan dan harapan dari program guru merdeka. Dibawah ini, beberapa contoh pertanyaan dan jawaban sebagai isian esai yang dapat dikembangkan masing-masing peminat atau pendaftar guru merdeka.

Sebelum pengisian, ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam memahami penulisan esai yang diminta. Adapun hal dimaksud adalah sebagai berikut :

  1. Tulis/ketik terlebih dahulu ide yang mau dituangkan pada kertas (anggap sebagai melatih menulis tangan yaa....) boleh juga diketik pada office word ( anggap saja melatih mengetik 11 jari yaa....)
  2. Pahami pertanyaan dan analisa apa maksud dan tujuan dari pertanyaan.
  3. Kembangkan ide dan harapan mencapai tujuan yang dipertanyakan.
  4. Susunlah kosa-kata yang dapat mendukung ide dan harapan untuk mencapai tujuan/hasil.
  5. Perhatikan jumlah kosa kata yang diminta dalam kkolom yang tersedia. Jika tidak memenuhi jumlah karakter kosa kata, maka sudah jelas, belum merangkum seluruh ide-ide atau keinginan yang diharapkan oleh pertanyaan.

Dibawah ini, adalah contoh untuk seorang Pengajar Praktik Guru Penggerak. adapun salah satu gambaran pertanyaan yang sering muncul dalam penulisan esai dimaksud diatas adalah sebagai berikut:

Apa yang melatar belakangi Anda memilih menjadi seorang Pengajar Praktik

Latar Belakang kita untuk ikut serta sebagai Pengajar Praktik adalah:

  1. Saya mau jadi salah satu agen perubahan dalam program guru penggerak
  2. Program yang disediakan memiliki tantangan dan tanggung jawab dalam mencapai karir seorang guru melalui program guru penggerak.
  3. Program Guru Penggerak merupakan peluang yang sangat signifikan dalam memberikan ruang kepada tenaga pendidik untuk berkarya.
  4. Saya mau ikut peran serta dalam pembangunan mutu pendidikan, dan siap ditugaskan di kabupaten/kota sasaran program guru penggerak.

Dapat juga dibaca artikel terkait berikutini :

Pendaftaran Pelatih Ahli Sekolah Penggerak

Layanan SIM PKB Guru dan Tenaga Kependidikan

RPP dan LKPD proses Kegiatan Belajar Mengajar

Sebagai contoh perubahan, inovasi, pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang memberikan dampak nyata berdasarkan inisiatif diri sendiri. Serta yang mendorong hal tersebut dilakukan(Jawaban Anda harus mencakup waktu kejadian, dampak atas inisiatif Anda, upaya yang Anda lakukan agar inisiatif tersebut terlaksana, peran Anda dan pihak lain yang terlibat bila ada)

Mendukung dan membantu serta melatih 12 sekolah SD yang menumpang melaksanakan ANBK di SMP Negeri 1 Rejang Lebong Tahun 2021. Hal ini perlu dilakukan untuk pengenalan komputer beserta fungsi-fungsi perangkat komputer dalam mendukung pelaksanaan ANBK, tindakan ini diberikan agar peserta didik SD mampu mengoperasikan komputer sebagai alat atau media pendukung terlaksananya ANBK secara online.

Hal-hal yang mendorong saya untuk melakukan tindakan ini adalah sebagai berikut :

  1. Banyaknya peserta didik SD yang masih belum familiar dengan komputer
  2. Masih banyak peserta didik SD yang belum dapat mengoperasikan serta memanfaatkan perangkat pendukung komputer dalam pelaksanaan ANBK.

Fenomena ini dianggap sangat penting untuk ditanggulangi sebelum ANBK dilaksanaan secara serentak, dengan harapan para peserta didik SD dapat mempergunakan perangkat pendukung komputer dalam menyelesaikan tugasnya saat ANBK nantinya berlangsung. Peran saya dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai pendamping/pembimbing serta penyedia tempat kegiatan yang didukung oleh Kepala SMP Negeri 1 Rejang Lebong, dan juga tim IT multimedia SMP Negeri 1 Rejang Lebong.

Pihak-pihak yang berperan dalam kegiatan ini adalah:

  1. Masing-masing Kepala Sekolah SD (sebagai penanggung jawab terlaksananya ANBK)
  2. Kepala SMP Negeri 1 Rejang Lebong(Penyedia Tempat pelaksanaan ANBK)
  3. Tim IT Muluti Media SMP Negeri 1 Rejang Lebong(Pemandu dan Pembimbing)
  4. Para siswa yang menumpang melaksanakan ANBK di SMP Negeri 1 Rejang Lebong yakni :

  • 1)SD N 31 Rejang Lebong
  • 2)SD N 05 Rejang Lebong
  • 3)SD N 10 Rejang Lebong
  • 4)SD N 70 Rejang Lebong
  • 5)SD N 14 Rejang Lebong
  • 6)SD N 71 Rejang Lebong
  • 7)SD N 59 Rejang Lebong
  • 8)SD N 111 Rejang Lebong
  • 9)SD Tarbiyah Islamiah Curup
  • 10)SD Kristen pelita Kasih
  • 11)SD Muhammadiya 1 Curup Tengah
  • 12)SD IT BINBAS

Bekerjasama dengan berbagai pihak merupakan salah satu cara yang perlu dilakukan dalam rangka mencapai tujuan bersama. Sebagai cerita dalam melakukan kerjasama dengan pihak lain dalam rangka mencapai tujuan bersama yang telah disepakati.

Kapan waktu kejadiannya? Situasi apa yang Anda hadapi saat itu? Pihak mana saja yang Anda minta untuk bekerja sama dan mengapa? Gambarkan secara jelas!

Membantu 12 sekolah SD yang menumpang di SMP Negeri 1 Rejang Lebong Tahun 2021.

Melatih pengenalan komputer dalam pelaksanaan ANBK, agar peserta didik SD mampu mengoperasikan komputer sebagai alat atau media pelaksanaan ANBK secara online.

Pihak-pihak yang berperan dalam hal ini adalah:

  1. Masing-masing Kepala Sekolah SD (sebagai penanggung jawab terlaksananya ANBK)
  2. Kepala SMP Negeri 1 Rejang Lebong(Penyedia Tempat pelaksanaan ANBK)
  3. Tim IT Muluti Media SMP Negeri 1 Rejang Lebong(Pemandu dan Pembimbing)

Ceritakan cara-cara yang Anda lakukan dalam rangka mendapatkan pemahaman yang sama hingga memunculkan komitmen dari berbagai pihak yang terlibat dalam kerjasama tersebut 0 / 1050

Sebagi tindakan yang saya lakukan untuk mendapatkan pemahaman dan memunculkan komitmen yang disepakati adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan koordinasi dengan kepala sekolah SD yang menumpang pelaksanaan ANBK di SMP Negeri 1 Rejang Lebong dimana dalam koordinasi ini, saya menyampaikan bahwa perlu mengantisipasi para peserta didik yang belum familiar atau masih krisis pemahaman tentang komputer sebagai alat atau media pelaksanaan Asesmen atau tes. Maka perlu kita latih dan kita kenalkan(sosialisasikan) terlebih dahulu , mulai dari pengenalan perangkat dan fungsinya dalam melaksanakan ANBK.
  2. Menyampaikan hasil koordinasi kepada Kepala SMP Negeri 1 Rejang Lebong agar sudi kiranya mendukung program dan perecanaan yang akan dilaksanakan. Sebagai Dukungan penuh pelaksanaan ANBK secara Nasional. Serta membantu para sekolah-sekolah yang menumpang di SMP Negeri 1 Rejang Lebong.
  3. Mengajak Para tim IT Multi Media SMP Negeri 1 Rejang Lebong dapat menyediakan dan memberikan materi pengenalan komputer serta fungsinya dalam pelaksanaan ANBK.

Tantangan serta kesulitan apa saja yang Anda hadapi saat bekerjasama? Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk memfasilitasi kesepakatan yang ada dalam kelompok tersebut? 0 / 1050

Beberapa kesulitan yang saya hadapi adalah :

  1. Masih kurangnya kesadaran dalam mendukung program yang sudah disampaikan
  2. Kesulitan dalam melakukan pertemuan untuk koordinasi, hal ini disebabkan banyaknya tugas lain yang akan diselesaikan kepala sekolah.

Sebagai upaya untuk memfasilitas kesepakatan tersebut adalah :

  • a)Menyediakan Ruangan Multi Media sebagai tempat mengadakan rapat koordinasi atas ijin kepala SMP N 1 Rejang Lebong
  • b)Melakukan pendekatan seacara persuasive dengan menyampaikan kendala-kendala yang akan dihadapi pada saat pelaksanaan ANBK nantinya.
  • c)Melakukan tindakkan untuk berkumpul secara bersama-sama para kepala sekolah yang menunmpang pelaksanaan ANBK di SMP N 1 Rejang Lebong
  • d)Meminta dukungan kepada kepala sekolah SMP N 1 Rejang Lebong untuk memberikan penjelasan dan pengarahan pada saat pertemuaan yang dilaksanakan kepada para Kepala Sekolah SD.
  • e)Menyampaikan jenis kegiatan yang akan dilaksanakan sebelum pelaksanaan simulasi ANBK dilangsungkan serta pada saat menghadapi pelaksanaan resmi ANBK.

Bagaimana hasilnya?

Latihan pemanfaatan serta fungsi komputer dapat terlaksana dengan 5 kali pertemuan selama 15 hari dengan hasil, peserta dapat mengoperasikan komputer sesuai dengan kebutuhannya. Dimana para peserta di sesuaikan dengan jadwal yang ada.

Pada hari 1,2,3,4,5

  • 1.SD N 31 RL
  • 2.SD N 05 RL
  • 3.SD N 10 RL
  • 4.SD N 70 RL

Pada hari 6,7,8,9,10

  • 1.SD N 14 RL
  • 2.SD N 71 RL
  • 3.SD N 59 RL
  • 4.SD N 111 RL

Pada hari 11,12,13,14,15

  • 1.SD Tarbiyah Islamiah Curup
  • 2.SD Kristen pelita Kasih
  • 3.SD Muhammadiya 1 Curup Tengah
  • 4.SD IT BINBAS


Sebagai artikel pendukung silahkan baca link berikut ini :

Peraturan perundang-undangan PNS

211 pertanyaan jawaban tentang Guru DIKDAS

Perkembangan menuntut kita untuk terus belajar hal-hal baru. Ceritakan pengalaman Anda saat mendapatkan masukan atau umpan balik terkait kemampuan Anda.

Kapan waktu kejadiannya? Masukan atau umpan balik apa yang secara spesifik Anda dapatkan? Apa yang Anda rasakan saat menerima masukan atau umpan balik tersebut?

Mendampingi/mentor pemanfaatan media teknologi sebagai alat pendukung proses pembelajaran masa pandemic covid-19 di SMP Negeri 1 Rejang Lebong. Dalam penyampaian pemanfaatan media Google Site, Drive Google dan ClassRoom jangan terlalu cepat, karena peserta yang ada sudah lansia. Jadi butuh penjelasan yang lambat dan jelas setiap tahapan. Selanjutnya saya merasa harus butuh kesabaran dan langkah-langkah yang lebih baik lagi untuk menyampaikan materi serta mendapingi peserta dalam memahami materi yang saya sediakan.

Bagaimana cara Anda menyikapi masukan dan umpan balik tersebut untuk pengembangan diri Anda? Berdasarkan masukan serta umpan balik yang Anda terima, ceritakan pula tindakan yang Anda lakukan untuk mengembangkan diri Anda

Cara yang saya lakukan adalah dengan menerima masukan yang ada tanpa ada rasa ketersinggungan dan saya harus selalu berfikir positif atas masukan yang ada. Serta tindakan yang saya lakukan dalam mengembangkan diri saya sendiri adalah merubah pola penyamapaian materi sesuai dengan situasi dan kondisi peserta yang ada dan harus bersikap obyektif. Dimana saya harus mereview kembali tindakan yang saya lakukan, sebagai evaluasi bagi dirisaya sendiri.

Selain memanfaatkan masukan dan umpan balik dalam proses pengembangan diri Anda, hal berbeda apa yang Anda lakukan untuk mendukung proses pengembangan diri Anda? Adakah cara-cara di luar kebiasaan yang Anda lakukan dimana hal tersebut membuat Anda kurang nyaman namun mendukung proses pembelajaran Anda?

Hal-hal berbeda yang saya lakukan dalam pengembangan diri atas masukan dan umpan balik dari orang lain:

  1. Selalu berfikir positif atas kritik dan saran yang ada(memilih kritik dan saran yang membangun sebagai alat untuk intropeksi diri) serta bersikap terbuka.
  2. Tidak pernah takut untuk mencoba hal-hal baru dalam pengembangan kompetensi diri dan bermanfaat bagi orang lain.
  3. Selalu berusaha menerapkan kebiasaan baik yang dapat membantu mengembangkan kompetensi kearah yang lebih maju.
  4. Selalu berusaha menghindari kepribadian yang selalu merasa benar sendiri.
  5. Selalu berusaha dan meluangkan waktu menggali dan mengkaji lebih dalam, bagaimana menguasai potensi diri yang saya miliki.
  6. Berusaha mengenal dan menyadari kekurangan diri serta berusaha untuk segera
  7. Berusaha menjadi orang yang bermanfaat bagi Alamin

Ceritakan pula penerapan yang Anda lakukan berdasarkan proses pembelajaran yang Anda sebutkan di dalam pekerjaan Anda. Berikan contoh situasi spesifik 952 / 1050

Penerapan umpan balik dalam proses kegiatan pembelajaran sebagai tugas utama saya sebagai guru adalah :

  1. Melakukan perencanaan yang baik dalam menyediakan tugas-tugas yang akan diberikan kepada peserta didik, sehingga memudahkan diri sendiri sebagai guru dalam memeriksa dan memberikan umpan balik terhadap hasil pekerjaan peserta didik.    
  2. Merencanakan tugas-tugas pendukung proses pembelajaran secara terstruktur, serta menyusun kriteria penilaian sebagai acuan dalam pemberian umpan balik dalam kegiatan proses belajar mengajar.
  3. Dapat memberikan penjelasan terhadap kesalahan yang dilakukan peserta didik baik dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran maupun dalam menyelesaikan tugas yang diberikan, baik secara langsung maupun tidak langsung.
  4. Melakukan obeservasi secara individu dan menilai bagaimana peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran serta apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik itu sendiri.

Setiap orang memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda. Ceritakan pengalaman Anda Ceritakan pengalaman Anda membimbing rekan rekan sejawat/bawahan/guru/ orang tua wali murid/ untuk melakukan suatu penugasan (silahkan dipilih salah satu).

Kapan waktu kejadiannya? Siapa saja yang menjadi bimbingan Anda saat itu dan apa hubungan Anda dengan yang Anda bimbing? Hal apa yang menjadi fokus saat itu? Apa yang memotivasi Anda melakukan bimbingan tersebut?

Pengalaman sebagai pendamping dengan teman sejawat guru PJOK SMP melalui Komunitas MGMP PJOK SMP di Kabupaten Rejang Lebong Pada Tahun 2018. Sebagai Ketua Komunitas PJOK SMP Kabupaten Rejang Lebong memiliki tanggung jawab penuh dalam mengembangkan kompetensi anggota komunitas serta menyamakan persepsi dalam penyusunan program pembelajaran PJOK SMP yang disesuaikan dengan karakteristik sekolah dan peserta didik.

Upaya apa saja yang Anda lakukan dalam rangka memastikan pengembangan yang dilakukan orang-orang tersebut sesuai dengan tujuan yang telah disepakati? Persamaan dan perbedaan pendekatan apa yang Anda gunakan dalam rangka membimbing mereka?

Sebagai upaya yang saya lakukan untuk mengidentifikasi kendala dan problema yang perlu di selesaikan dan menemukan soslusinya adalah terlebih dahulu melakukan tes awal pemahaman penyusunan perencanaan program pembelajaran disekolah masing-masing. Adapun isi dalam tes awal tersebut adalah dengan melakukan tes tulis, yakni mencantumkan materi pemahaman menyusun rencana, pelaksanaan proses pembelajaran dan evaluasi serta pemanfaatan media dan metode/model mengajar PJOK.

Ceritakan pula cara-cara yang Anda lakukan dalam memonitor perkembangan yang ditunjukkan masing-masing individu tersebut dari waktu ke waktu

Tindakan monitoring yang dilakukan secara berkesinambungan dari waktu kewaktu adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan kunjungan ke sekolah para anggota Komunitas MGMP yang aktif dalam kegiatan MGMP yang dilaksanakan.
  2. Menyesuaikan jadwal kunjungan dengan jadwal mengajar.
  3. Melakukan kegiatan musyawarah melalui kegiatan bulan Komunitas MGMP PJOK SMP Rejang Lebong
  4. Melakukan diskusi tentang tanggapan, masukan antar sesama anggota dalam menyelesaikan segala problema yang ditemukan dimasing-masing sekolah tempat mengajar.

Upaya yang saya lakukan sebagai seorang Ketua Komunitas MGMP PJOK SMP rejang Lebong dalam menjalankan tugas saya adalah sebagai berikut :

  1. Saya selalu berusaha untuk mencari dan menggali ide-ide baru yang menarik perhatian bagi para anggota aktif untuk maju bersama dan mendukung peningkatan kompetensi seorang guru serta menjamin mutu proses pembelajaran PJOK.
  2. Selalu memunculkan dan mendesain informasi yang akan disampaikan menarik perhatian para anggota aktif komunitas MGMP PJOK.
  3. Saya selalu berusaha untuk berlatih dan mencari informasi terbaru sebagai dasar saya mengajak dan menggali pengetahuan baru yang akan dikkembangkan dan di terapkan.
  4. Selalu menjaga situasi dan kondisi fisik yang prima untuk tetap semangat dan memiliki jiwa juang yang tidak akan pernah pudar

Bagaimana hasilnya?

Sebagai hasil dari tindakan dan usaha yang dilakukan dan diterapkan adalah :

Seluruh anggota Komunitas MGMP PJOK SMP Rejang Lebong, dapat bekerja sama dan sama-sama bekerja dalam mendukung program jangka panjang Komunitas yaitu memajukan dan meningkatkan kompetensi seorang guru PJOK yang berkualitas dan memiliki hasil yang bermanfaat dalam menjalankan tugas sebagai guru PJOK SMP di kabupaten Rejang Lebong.


Ceritakan mengenai hal terbaik yang pernah Anda lakukan untuk memperoleh informasi yang dapat membuat anda lebih memahami situasi dan permasalahan peserta didik.

Kapan waktu kejadiannya? Situasi apa yang Anda hadapi saat itu terkait dengan peserta didik?

Kejadian ini sering terjadi pada saat awal tahun pembelajaran dimulai pada setiap tahun pembelajaran hingga sekarang.

Situasi yang dihadapi terkait peserta didik adalah :

Latar belakang masalah kehidupan keluarga yang dijalani peserta didik(Ekonomi, dan masalah orangtua) hingga menggangu psikologis peserta didik. Kurangnya semangat belajar yang ditunjukkan peserta didik pada saat kegiatan belajar mengajar baik dalam hal mengerjakan tugas, maupun melaksanakan proses pembelajaran(kurangnya motivasi belajar) peserta didik.

Upaya-upaya apa saja yang Anda lakukan untuk memahami sudut pandang peserta didik sehingga mampu memahami dan menyelaraskan tindakan yang Anda lakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan mereka?

Ada beberapa hal utama yang perlukan dilakukan oleh guru  memahamai peserta didik adalah dapat menyesuaikan kebutuhan fisiologis, mendesain situasi dan kondisi peserta didik menjadi kondusif, menciptakan pribadi yang memiliki rasa dan kasih sayang, serta memiliki harapan dari suatu penghargaan(perlu dihargai), dan kebutuhan menciptakan jadiri. Disamping itu juga perlu dipertimbangkan hal-hal berikut :

  1. Dapat melakukan tindakan bagaimana menghubungkan pengetahuan baru dengan pemahaman yang diketahui peserta didik sebelumnya,
  2. Melatih peserta didik untuk berpikir baik secara abstrak dan konseptual,
  3. Berusaha mengembangkan dan menerapkan strategi khusus dalam tugas-tugas baru yang akan dikekrjakan oleh peserta didik,
  4. Mengembangkan serta memahami pola pikir peserta didik dan mengembangkan strategi yang tepat dalam peroses kegiatan belajar mengajar(motivasi).
  5. Menumbuh kembangkan rasa solidaritas para peserta didik dan rasa menghargai dan dihargai serta menamkan percaya diri para peserta didik.

Bagaimana pula cara Anda memastikan keberhasilan pencapaian para peserta didik melalui kontribusi Anda terhadap mereka?

Cara yang dilakukan untuk menentukan suatu keberhasilan pencapaian peserta didik adalah berikut ini :

  1. Merancang dan mendesain alat atau media yang kreatif dan efisien untuk mencapai tujuan.
  2. Mendekteksi kondisi belum tau menjadi tau Peserta didik (tindak tes, baik tes tulis mapun tes tertulis(Pengetahuan) maupun tes praktik(Keterampilan)).
  3. Mengonrol dan memonitor perlakukan peserta didik (sikap dan tingkah laku sehari) pada saat proses kegiatan belajar mengajar maupun diluat jam kegiatan belajar mengajar.

Bagaimana hasilnya?

Hasil yang didapat dari tindakan yang dilakukan kepada peserta didik adalash :

  1. Terjadinya komunikasi dan hubungan yang berkualitas dan bermanfaat
  2. Tujuan dari program pembelajaran yang telah direncanakan dan disusun tercapai dengan baik.
  3. Peserta didik dapat menunjukkan hal-hal baik, dalam ini sikap, pengetahuan dan keterampilan.
  4. Terjadinya rasa menghargai dan menghormati antar sesama ataupun dengan orang lain yang ada disekitarnya.


SEKIAN DAN TERIMAKASIH

SEMOGA BERMANFAAT



Posting Komentar untuk "CONTOH ESAI GURU PENGGERAK TAHUN 2021"